Minggu, 17 Mei 2009

Sitta Karina

Ehm, mungkin kalo pembaca setia novel-novelnya Sitta Karina baca blog gue yang ini, mungkin mereka agak marah atau gimana. Tapi jujur ya, ini cuman perasaan gue dan pendapat gue aja. Jadi, menurut gue, karya-karyanya Sitta Karina itu agak kurang membumi. Khayali. Too good to be true. Nyaris susah banget kejadian di dunia nyata. Dan kok kesannya Sitta Karina terlalu jatuh cinta dengan yang namanya mancanegara. Nyaris semua tokohnya berhubungan dengan luar negeri. Mulai dari Sisy yang ternyata pernah mengalami masa kecil di Jerman, Aki yang pernah tinggal di Jepang, Kayo yang berdarah campuran Jepang-Amerika, Niki dengan kakak yang kehilangan pacar di Aussie, Sora yang ternyata punya ibu orang Jepang, dan sekarang Romijn-Indira Singgih yang dinamai oleh keluarga Belanda. Hubungan antara orang Indonesia dengan orang luar negeri memang lumayan sering, tapi nggak selebay itu juga.

Terus keluarga Hanafiah. Ya ampun, gue bahkan kaget banget karena ini ngingetin gue sama komik nyokap gue yang suka gue baca dulu: Candy Candy. Itu kan nyeritain keluarga Ardlay, keluarga elite kelas atas yang bener-bener socialite kayak para Hanafiah. Daaaannn... ya ampun anaknya banyak banget ya Allah. Maaaaaaaaaf banget deh, tapi bukannya kalo usia mereka sekitar 20-an berarti mereka lahir di jaman pemerintahan Pak Harto ya? Kan Pak Harto dulu mencanangkan program KB yang "2 Anak Sudah Cukup" itu. Terus bahasanya omaigat deh, ampe ada Spanyol, Belanda, Jerman, Jepang, sama apa tuh yang pas si Inez di Hvar gue ngga tau. Dan kemampuan telekinesis serta komunikasi via mimpi yang dimiliki Sigra (maaf kalo salah) dan Kaminari Kei. Itu agak Heroes, dan jujur aja itu memberikan kesan bahwa para Hanafiah terlalu gifted. Oh ya, maaf ada lagi: gila banget masa ada ya orang yang kekayaannya se-WAH itu...? Sama kok kesannya mereka semua cuman tau barang-barang yang serba bermerek ya? Apa mereka nggak pernah ke Mangga Dua, ke Ambassador? Atau ke Mayestik? Menurut gue, gue belom orang Jakarta banget kalo belom ke tempat yang abal-abal di Jakarta atau standard.

Maaf banget bukannya maksud gue nyinggung siapapun, tapi jujur itu adalah pikiran gue tentang ketidakmembumiannya novel-novel Sitta Karina. Gue sendiri juga lagi nulis, tapi se-khayali apapun gue, gue pengen supaya hasil karya gue ngga sekedar berisi Cinderella story atau semacamnya. Gue pengen karya gue bisa semenarik hasil karya penulis-penulis "bernama" lainnya, tapi tetap dengan bahasa yang gue sukai, cerita yang gue sukai tapi ngga terlalu "jauh ke langit." Sekali lagi maaf banget yaa...

Tidak ada komentar: